Peristiwa

Melihat Lebih Dekat ke Korea Utara

42
×

Melihat Lebih Dekat ke Korea Utara

Share this article

Mediaportalanda, Korea Utara sering kali dianggap sebagai salah satu negara paling misterius di dunia, dikelilingi oleh citra dramatis, propaganda, dan ketidakpastian. Di balik tirai besi yang rapat, negara ini telah membangun reputasi yang kompleks dan kontroversial di panggung global. Namun, apa yang sebenarnya terjadi di Korea Utara di balik citra yang dibangun oleh media internasional?

Sejarah dan Ideologi
Korea Utara, secara resmi dikenal sebagai Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), didirikan pada tahun 1948 setelah Perang Dunia II dan pembagian semenanjung Korea antara kedua blok kekuatan, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Berbeda dengan Korea Selatan yang menganut sistem demokrasi, Korea Utara mengadopsi ideologi Juche yang diperkenalkan oleh pemimpin pendirinya, Kim Il-sung. Juche, yang diterjemahkan sebagai “kemandirian” atau “swasembada”, menekankan kedaulatan nasional, otonomi politik, dan swasembada ekonomi.

Politik dan Kepemimpinan
Kepemimpinan di Korea Utara dipusatkan pada keluarga Kim, yang telah memerintah negara ini sejak berdirinya. Pemimpin saat ini, Kim Jong-un, adalah cucu dari pendiri negara tersebut, Kim Il-sung. Sistem politiknya sangat otoriter, di mana partai tunggal, yaitu Partai Buruh Korea, memiliki kendali penuh atas semua aspek kehidupan politik, sosial, dan ekonomi. Pengawasan ketat dan represi terhadap oposisi politik membuat Korea Utara menjadi salah satu negara dengan kebebasan politik yang terbatas di dunia.

Ekonomi dan Kehidupan Rakyat
Meskipun Korea Utara sering dikaitkan dengan kemiskinan dan kelaparan, gambaran ini tidak sepenuhnya mencerminkan keadaan sebenarnya di dalam negeri. Negara ini telah mencapai beberapa kemajuan dalam pembangunan infrastruktur, industri, dan pendidikan. Namun, sanksi internasional yang diberlakukan sebagai respons terhadap program senjata nuklirnya telah memperburuk kondisi ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Banyak warga Korea Utara yang masih hidup dalam kemiskinan dan keterbatasan akses terhadap kebutuhan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peristiwa

Banjir sering terjadi akibat curah hujan yang tinggi,…