Padang

Gubernur Mahyeldi Meminta TPID Menyediakan Pasokan Alternatif untuk Mengantisipasi Lonjakan Harga Pangan

19
×

Gubernur Mahyeldi Meminta TPID Menyediakan Pasokan Alternatif untuk Mengantisipasi Lonjakan Harga Pangan

Share this article


BACKER.BIZ.ID – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Sumbar dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah bersiap untuk mengurangi kenaikan harga sembako setelah banjir bandang yang melanda tiga wilayah di Sumbar pada hari Sabtu (11/5) lalu.

Salah satunya adalah memasok kebutuhan makanan strategis dari luar daerah dalam kasus di mana ada sinyal kenaikan harga. Itu penting, katanya, karena Tanah Datar, Agam, dan Padang Panjang adalah sentra hortikultura.

“Jika diperlukan, kita berencana untuk mendatangkan produk hortikultura dari Jambi dan Jawa Tengah,” ungkap Gubernur Mahyeldi di Padang, Kamis 16 Mei 2024.

Menurutnya itu akan bisa membantu. Mengingat, beberapa ruas jalan dari dan menuju sentra produksi pertanian di Sumbar rusak akibat diterjang banjir bandang.

Kepala Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri membenarkan, ia mengaku sudah melakukan mitigasi ketersediaan pasokan 3 komoditas strategis.

Masing-masing beras, cabai merah, dan bawang merah. Jika terjadi kenaikan harga beras, BULOG diminta melakukan operasi pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *