Padang

Solusi untuk Percepatan Ekonomi Masyarakat Sumbar adalah Pembentukan Desa Wisata

14
×

Solusi untuk Percepatan Ekonomi Masyarakat Sumbar adalah Pembentukan Desa Wisata

Share this article

BECKER.BIZ.ID – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyatakan bahwa pemerintah provinsi sengaja memprioritaskan pembangunan desa wisata sebagai prioritas utama.

karena, menurut pihaknya, akan ada peluang ekonomi baru untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Pariwisata itu pengaruhnya luas, sangat cocok untuk mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, kita serius mengembangkan pariwisata berbasis kearifan lokal ini melalui program desa wisata,” kata Mahyeldi.

Hal itu dikatakannya, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sadar Wisata Bagi Pengelola Desa Wisata Sumbar di Padang, Kamis (9/5/2024).

Menurutnya, asalkan masyarakat kreatif akan banyak manfaat ekonomi yang bisa diperoleh dari sektor pariwisata tersebut.

“Soal peluang ekonomi di pariwisata itu banyak, bisa dengan membuka homestay, warung makan, kerajinan tangan, dan jasa pemandu wisata. Tapi semua itu harus disertai dengan kreatifitas dan semangat melayani, agar wisatawan yang datang nyaman,” kata Mahyeldi.

Selain itu, sambung Mahyeldi, desa wisata juga bisa dijadikan sebagai wadah promosi berbagai produk lokal. Secara kualitas, produk lokal itu tidak kalah dibandingkan produk industri, hanya saja mereka sangat terbatas dari segi jaringan dan pemasaran.

“Bagaimana caranya agar produk lokal bisa muncul dan dikenal banyak pihak, salah satu solusinya ya melalui pemanfaatan desa wisata,”tegas Mahyeldi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *