Ekonomi

Terungkap! Rahasia di Balik Utang Pinjaman Online yang Bisa Lunas Secara Ajaib

14
×

Terungkap! Rahasia di Balik Utang Pinjaman Online yang Bisa Lunas Secara Ajaib

Share this article

BECKER.BIZ.ID – Masyarakat tanah air, khususnya para pengguna layanan pinjaman online (pinjol), mungkin pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri fenomena mengejutkan: utang pinjol yang tiba-tiba lunas atau bahkan menghilang begitu saja. Bagaimana mungkin hal ini terjadi? Mari kita selidiki bersama-sama.

Dilansir dari kanal YouTube Fintech ID, fenomena ini memang nyata adanya. Namun, apakah benar utang bisa lunas dengan sendirinya? Admin dari Fintech ID memberikan penjelasan yang menarik terkait hal ini.

Pertama-tama, mari kita pahami bahwa hal ini berkaitan erat dengan pelaporan data dan performa aplikasi pinjaman online yang wajib dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semakin banyak peminjam yang gagal membayar, maka performa pinjol tersebut akan terganggu.

“OJK memiliki kriteria tertentu untuk menilai apakah pinjol layak dipertahankan izinnya atau tidak. Jika banyak pelanggaran terjadi, pinjol tersebut bisa kehilangan izin operasionalnya,” jelas Fintech ID.

Dalam upaya menjaga performa dan reputasi mereka, beberapa pinjol mungkin memilih untuk “menghapus” data pinjaman yang buruk dari sistem mereka. Hal ini dilakukan agar data-data buruk tersebut tidak mempengaruhi penilaian kinerja mereka di mata OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *