Life Style

Waspada, Masalah Percintaan Bisa Menyebabkan Terjadinya Gangguan Jiwa

18
×

Waspada, Masalah Percintaan Bisa Menyebabkan Terjadinya Gangguan Jiwa

Share this article

 

Waspada, Masalah Percintaan Bisa Menyebabkan Terjadinya Gangguan Jiwa. (Foto: Dok istimewa)

BECKER.BIZ.ID – Dalam berbagai lapisan masyarakat, isu kesehatan mental menjadi sorotan utama. Salah satu aspek yang sering kali menjadi penyebab atau pemicu masalah kesehatan mental adalah hubungan percintaan yang kompleks. 

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa pria juga dapat mengalami gangguan jiwa akibat masalah percintaan, namun data menunjukkan bahwa mayoritas yang terkena dampaknya adalah wanita.

Studi yang dilakukan oleh berbagai lembaga kesehatan di seluruh dunia menunjukkan bahwa wanita cenderung lebih rentan terhadap gangguan jiwa akibat masalah percintaan dibandingkan dengan pria. 

Salah satu alasan utama adalah karena wanita cenderung lebih terlibat emosional dalam hubungan dan lebih rentan terhadap stres dan kecemasan.

Masalah percintaan, seperti perpisahan, pengkhianatan, atau ketidakseimbangan dalam hubungan, dapat menyebabkan berbagai gangguan jiwa pada wanita. Beberapa di antaranya meliputi depresi, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), dan bahkan gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia.

Depresi sering kali menjadi dampak utama dari masalah percintaan pada wanita. Perasaan sedih, kehilangan minat pada aktivitas yang biasa dinikmati, dan perubahan pola tidur atau makan adalah beberapa gejala umum depresi yang sering muncul dalam konteks masalah percintaan. Selain itu, kecemasan juga dapat meningkat, terutama terkait dengan rasa takut akan kehilangan atau ketidakpastian dalam hubungan.

Tidak hanya itu, perceraian atau perpisahan hubungan sering kali menjadi pemicu PTSD pada wanita. Trauma emosional yang dialami selama proses perpisahan dapat mengakibatkan gangguan stres pasca trauma yang mengganggu fungsi sehari-hari dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *