Life Style

Bahaya Baby Blues yang Merupakan Gangguan Emosional Pasca Melahirkan

17
×

Bahaya Baby Blues yang Merupakan Gangguan Emosional Pasca Melahirkan

Share this article
 Bahaya Baby Blues yang Merupakan Gangguan Emosional Pasca Melahirkan. (Foto: Dok istimewa))

BECKER.BIZ.ID – Kehadiran seorang bayi dalam keluarga seringkali disambut dengan sukacita dan kebahagiaan. Namun, tidak semua ibu merasakan kebahagiaan yang sama setelah melahirkan. Sebagian dari mereka mengalami apa yang dikenal sebagai “baby blues” atau kesedihan pasca melahirkan. 

Meskipun kondisi ini umum terjadi, namun masih banyak yang kurang memahami apa sebenarnya baby blues dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Itu Baby Blues?

Baby blues adalah kondisi emosional yang umum terjadi pada ibu baru dalam beberapa hari hingga beberapa minggu setelah melahirkan. 

Gejala yang muncul meliputi perasaan sedih, cemas, mudah marah, lelah, dan sensitif secara emosional. Meskipun tidak menyenangkan, kondisi ini biasanya bersifat sementara dan dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Penyebab Baby Blues

Perubahan Hormonal

Salah satu faktor utama yang berkontribusi pada baby blues adalah perubahan hormonal yang signifikan setelah melahirkan. Penurunan tiba-tiba dalam kadar hormon estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi keseimbangan emosional dan menyebabkan gejala seperti perasaan sedih dan sensitivitas.

Kurang Tidur dan Kelelahan

Menjadi seorang ibu baru seringkali berarti kurang tidur dan kelelahan yang ekstrem akibat tuntutan merawat bayi. Kurangnya istirahat yang cukup dapat memperburuk gejala baby blues dan membuat ibu merasa lebih rentan terhadap stres dan ketegangan emosional.

Perubahan dalam Peran dan Identitas

Kehadiran seorang bayi membawa perubahan besar dalam kehidupan seorang ibu, termasuk peran dan identitasnya. Beban tanggung jawab baru dan perubahan gaya hidup dapat menimbulkan rasa cemas dan ketidakpastian, yang dapat memperkuat gejala baby blues.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *