Pemerintah

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Manfaatkan Sukuk Daerah untuk Pembangunan Berkelanjutan

19
×

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Manfaatkan Sukuk Daerah untuk Pembangunan Berkelanjutan

Share this article

BECKER.BIZ.ID – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Medi Iswandi, mengumumkan rencana pemanfaatan Obligasi Syariah atau Sukuk Daerah untuk mendukung sejumlah proyek pembangunan. Keputusan ini diambil karena keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar.

Gubernur Mahyeldi Ansharullah menyatakan, “Kita sadari APBD kita tidak cukup untuk membiayai semua rencana pembangunan kita. 

Namun, kita tetap harus terus bergerak membangun untuk kemajuan daerah.” Menurutnya, Sukuk Daerah menjadi solusi strategis untuk mendapatkan sumber pendanaan tambahan.

Sukuk Daerah, sebagai surat berharga syariah, diterbitkan oleh pemerintah daerah atau lembaga milik pemerintah daerah. Sumber dananya berasal dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). 

Gubernur menyatakan bahwa penggunaan Sukuk Daerah sesuai dengan prinsip syariah, seperti pembiayaan proyek, modal kerja, investasi, dan pembelian aset.

“Ini bukan utang, tetapi bentuk investasi kepemilikan bersama dengan seluruh pemegang sukuk atas aset yang menjadi dasar penerbitannya,” tambahnya. Sukuk Daerah diharapkan memberikan multiplier effect yang luas untuk kebermanfaatan bersama bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *