Life Style

Menjaga Kesehatan Mental, Pentingnya Waktu Sendiri Bagi Ibu Baru Setelah Melahirkan

21
×

Menjaga Kesehatan Mental, Pentingnya Waktu Sendiri Bagi Ibu Baru Setelah Melahirkan

Share this article

BECKER.BIZ.ID – Menjadi seorang ibu baru adalah pengalaman yang indah dan penuh makna, tetapi juga merupakan tantangan yang tidak bisa dianggap enteng. 

Sementara tanggung jawab merawat dan merespon kebutuhan bayi baru menjadi prioritas utama, tidak boleh diabaikan pentingnya waktu sendiri bagi ibu baru.

1. Penyesuaian Diri dengan Peran Baru

Melahirkan membawa perubahan besar dalam hidup seorang perempuan. Peran baru sebagai ibu menuntut penyesuaian yang signifikan dalam rutinitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, penting bagi ibu baru untuk memiliki waktu sendiri guna melakukan refleksi dan penyesuaian diri dengan peran barunya. Waktu ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

2. Menghindari Baby Blues dan Depresi Pasca Melahirkan

Baby blues adalah kondisi emosional yang umum dialami oleh ibu baru. Meskipun gejalanya umumnya ringan dan bersifat sementara, namun dapat berkembang menjadi depresi pasca melahirkan jika tidak ditangani dengan baik. 

Waktu sendiri memberikan kesempatan kepada ibu untuk merawat dirinya sendiri secara mental dan emosional, mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius.

3. Peningkatan Kesehatan Mental dan Emosional

Waktu sendiri memberikan ibu kesempatan untuk melakukan kegiatan yang dicintainya atau sekadar bersantai tanpa tekanan. Aktivitas seperti membaca, mendengarkan musik, atau berolahraga dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan mood. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *