Life Style

Menggenggam Perlindungan Matahari, Pentingnya Memakai Sunscreen

17
×

Menggenggam Perlindungan Matahari, Pentingnya Memakai Sunscreen

Share this article

BECKER.BIZ.ID – Sinar matahari yang menyinari bumi adalah sumber kehidupan, namun terlalu banyak paparan sinar UV dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan kulit kita. 

Inilah mengapa penggunaan sunscreen atau tabir surya menjadi langkah krusial dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah risiko berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

1. Melindungi dari Radiasi UV Berbahaya

Sinar ultraviolet (UV) terbagi menjadi dua jenis, yaitu UVA dan UVB. Keduanya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit jika terpapar secara berlebihan. Sunscreen bekerja sebagai perisai melawan kedua jenis sinar UV ini. UVA dapat menyebabkan penuaan dini dan risiko kanker kulit, sementara UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan juga meningkatkan risiko kanker kulit.

2. Pencegahan Penuaan Dini

Salah satu efek paling terlihat dari paparan sinar matahari adalah penuaan dini. 

Sinar UV dapat merusak serat kolagen dan elastin dalam kulit, menyebabkan keriput, garis halus, dan kehilangan elastisitas. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, Anda dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap tampak muda dan sehat.


3. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Paparan sinar UV yang berlebihan secara signifikan meningkatkan risiko kanker kulit, termasuk melanoma, kanker kulit paling mematikan. 

Sunscreen dapat menjadi pertahanan pertama melawan risiko ini. Menggunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *